Berita

Rakor Evaluasi dan Sosialisasi Bantuan Keuangan dan Belanja Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah Kepada Desa

Rabu Pahing, 10 Februari 2021 19:47 WIB 101

foto

Pada hari Rabu, (10/2/2021) BKAD Kabupaten Bantul menyelenggarakan acara  Rakor Evaluasi dan Sosialisasi Bantuan Keuangan dan Belanja Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah Kepada Desa di Ruang Parangkusumo Hotel Ros Inn Yogyakarta.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala BKAD Kabupaten Bantul, Kasi Keuangan dan Aset, perwakilan dari Inspektorat Kabupaten Bantul, Lurah se Kabupaten Bantul dan perwakilan Kapanewon.

Kepala BKAD (Drs. Trisna Manurung) dalam paparannya menyampaikan bahwa pada Tahun 2020 kemarIn anggaran BKK dan P2MD pada bulan Maret  direfocusing. anggaran kas yang semula direncanakan pada bulan tersebut terpaksa tidak terealisasi. Pada perubahan APBD tahun 2020 Anggaran BKK tersebut dianggarkan kembali sehingga meskipun waktunya mundur dari jadwal akan tetapi dapat terealisasi 100 %. Selain itu untuk anggaran ADD juga direfokusing sehingga untuk pencairan ADD Tahap I yang dapat dicairkan hanyalah untuk belanja Wajib mengikat saja. Sesuai dengan SE Kemenkeu Nomor : SE-2/PK/2021 dinyatakan bahwa DD TA 2021 terdapat ketentuan  untuk BLT dan paling sedikit 8 % dari DD untuk kegiatan penanganan Pandemi Covid 19 yang merupakan kewenangan desa untuk aksi desa aman Covid 19 dan Satgas desa aman Covid 19.

Dalam acara tersebut tetap menjalankan protocol kesehatan.