Berita

Rekonsiliasi Realisasi Pendapatan, Belanja, Hutang dan Piutang Bidang Akuntasi, Dinkes dan Puskesmas Tahun Anggaran 2019

Rabu Pon, 12 Februari 2020 14:36 WIB 9

foto
Rekonsiliasi Realisasi Pendapatan

Rabu, 12 Februari 2019 telah diadakan penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, diperlukan sinkronisasi dan validasi data realisasi pendapatan, belanja, hutang dan piutang antara Dinkes, Puskesmas dengan Bidang Akutansi BKAD Kabupaten Bantul.

Rekonsiliasi data sampai dengan Desember 2019. Data sumber yang digunakan untuk rekonsiliasi yaitu :

  • Laporan pendapatan Blud Puskesmas
  • Laporan belanja Blud Puskesmas
  • Laporan hutang dari Dinkes dan Puskesmas
  • Laporan piutang dari Dinkes dan Puskesmas

Laporan keuangan Blud Puskesmas merupakan bagian dari laporan keuangan Dinkes, karena Blud Puskesmas merupakan UPT dari Dinkes sehingga laporan keuangan dari Puskesmas di kompilasi dari Dinkes.

Dalam mengkompilasi pendapatan, belanja, hutang, dan piutang dalam laporan keuangan yang disajikan dalam LKD harus sam antara data yang di kompilasi oleh Dinkes dengan data yang sudah dikirimkan oleh Puskesmas secara langsung di Bidang Akuntansi.

Dalam pelaksanaan rekon masih terdapat data yang tidak sama antara data yang sudah dikompilasi oleh Dinkes dan data di Bidang Akuntansi. Dinkes melakukan pembetulan data laporan kompilasi yang telah dikirimkan ke Bidang Akuntansi sesuai dengan hasil rekonsiliasi.