Berita

BANTUL PERTAHANKAN OPINI WTP

Rabu Wage, 29 Mei 2019 13:08 WIB 196

foto

Sesuai dengan peraturan perundang-undangan, setiap periode dilakukan audit Laporan Keuangan Pemerintah Daerah oleh Badan Pemeriksa Keuangan. Audit juga dilaksanakan terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Bantul Tahun Anggaran 2018 yang dilaksanakan mulai tanggal 2 April 2019. Audit tersebut dilaksanakan untuk memberikan Opini terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang mencerminkan pelaksanaan pengelolaan keuangan di Kabupaten Bantul.

Pada tanggal 27 Mei 2019 telah dilaksanakan Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Bantul Tahun 2018 yang bertempat di auditorium Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan DIY. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Bantul, Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Inspektur, Kepala BKAD Kabupaten Bantul beserta jajaran.

Pada pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul tahun 2018, Bantul berhasil memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang merupakan strata tertinggi dalam opini pemeriksaan. Dengan hasil Opini WTP tersebut Pemerintah Kabupaten Bantul mempertahankan WTP untuk yang ke tujuh kalinya.

Walaupun dengan opini WTP tersebut menunjukkan pengelolaan keuangan yang baik namun masih terdapat beberapa hasil temuan yang membutuhkan penekanan agar terwujud pengelolaan keuangan daerah di Pemerintah Kabupaten Bantul yang lebih tertib, efektif, efisien, ekonomis dan akuntabel dimasa masa mendatang.