Berita

Sosialisasi Persiapan Pelaksanaan Transaksi Non Tunai Tahun 2019

Selasa Pahing, 13 November 2018 07:54 WIB 784

foto

Dalam rangka mewujudkan pengelolaan Keuangan Daerah yang efektif, efisien, manfaat dan aman,  Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Bantul pada penghujung akhir tahun 2018 ini, telah melaksanakan "Sosialisasi Persiapan Pelaksanaan Transaksi Non Tunai Tahun 2019" kepada SD Negeri se Kabupaten Bantul. 

Acara dilaksanakan selama lima hari berturut - turut pada hari Senin - Jum'at,  5 - 9 November 2018 jam 13.00 WIB bertempat di Rumah Makan Sambal Paris.

Dian Mutiara Sri R, SH, MM selaku Kepala Bidang Perbendaharaan bersama Bapak Sugeng Prihatin, SH selaku Kepala Sub Bidang Belanja Non Gaji Bidang Perbendaharaan BKAD Kab. Bantul memaparkan materi terkait dengan Transaksi Non Tunai. 

Materi yang disampaikan yaitu Draft Pedoman Pelaksanaan Transaksi Non Tunai (TNT) pada Pengeluaran Daerah Tahun 2019 antara lain terkait pengeluaran daerah yang wajib melalui sistem pembayaran TNT, mekanisme pembayaran dan pengaturan Perjalanan Dinas dalam dan luar Daerah.

Selain itu juga disampaikan materi terkait dengan Pengelolaan Dana BOS yang tertuang dalan SE mendagri no. 971 - 7491 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penganggaran,  Pelaksanaan dan Penatausahaan serta Pertanggungjawaban Dana Bantuan Operasional Sekolah Satuan pendidikan Dasar Negeri yang diselenggarakan oleh Kabupaten/Kota pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Dalam acara tersebut, BKAD juga menghadirkan Narasumber dari Kantor Pajak Pratama Kabupaten Bantul dengan menyampaikan materi kewajiban perpajakan yang dilaksanakan oleh Bendahara Pengeluaran antara lain kewajiban pemotongan pajak, jenis pajak yang dipotong dan langkah - langkah penyetoran pajak.

Dengan adanya sosialisasi tersebut, diharapkan setiap unit kerja dapat melaksanakan Transaksi Non Tunai di Tahun 2019 sesuai dengan peraturan yang berlaku. Terutama bagi SD Negeri se Kabupaten Bantul dalam belanja barang / jasa diatas Rp 500.000,- untuk melaksanakan transaksi secara non tunai. 

Selain itu, Bendahara Pengeluaran dapat mengamankan penerimaan negara agar dapat memberi manfaat bagi negara dan masyarakat.