Berita

Entri Data Penyusutan Aset

Senin Pahing, 28 Maret 2016 13:07 WIB 868

foto

Hari Senin s/d Kamis, 21 Maret – 24 Maret 2016 bertempat diruang Simda Keuangan Daerah Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bantul telah dilaksanakan proses entri data penyusutan aset tetap oleh seluruh SKPD di lingkungan Kabupaten Bantul yang didampingi oleh BPKP Perwakilan DIY. Penyusutan aset tetap tersebut merupakan salah satu pekerjaan rumah bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul dengan diterapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tetang Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

Berdasarkan Peraturan Bupati Bantul No. 72 tahun 2014 tentang Kebijakan Akuntansi Pemerintah Kabupaten Bantul dalam lampiran butir j halaman 48 yang dimaksud penyusutan adalah alokasi yang sistematis atas nilai suatu aset tetap yang dapat disusutkan (depreciable assets) selama masa manfaat aset yang bersangkutan. Nilai penyusutan untuk masing-masing periode diakui sebagai pengurang nilai tercatat aset tetap dalam neraca dan beban penyusutan dalam laporan operasional.  Selain tanah dan konstruksi dalam pengerjaan, seluruh aset tetap disusutkan sesuai dengan sifat dan karakteristik aset tersebut. Aset tetap lainnya berupa hewan, tanaman, dan buku perpustakaan tidak dilakukan penyusutan secara periodik, melainkan diterapkan penghapusan pada saat aset tetap lainnya tersebut sudah tidak dapat digunakan atau mati.

Metode penyusutan yang digunakan adalah metode garis lurus (straight line method). Metode penyusutan ini merupakan metode penyusutan yang paling sederhana karena beban penyusutan dibagi rata selama masa umur manfaat.