Berita

Penyerahan Secara Simbolis SPPT PBB P2 Di Kabupaten Bantul Tahun 2015

Jumat Legi, 13 Maret 2015 10:16 WIB 1783

foto

Hari Selasa, 10 Maret 2015, bertempat di Pendopo Parasamya Kompleks Kantor Bupati Kabupaten Bantul, dilaksanakan acara penyerahan secara simbolis Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Tahun 2014 yang ditandai dengan diserahkan SPPT PBB P2 tahun 2014 oleh Wakil Bupati Bantul Drs. H. Sumarno, P.R.S. kepada Lurah Tirtohargo, Lurah Mangunan dan Lurah Triwidadi sebagai perwakilan lurah se Kabupaten Bantul dan ke-tiga lurah tersebut juga menerima piagam penghargaan sebagai desa yang tercepat dalam membayar pajak PBB di Kabupaten Bantul  tahun 2014.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Bupati Bantul menyampaikan bahwa sebelum diundangkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah pengelolaan PBB P2 menjadi kewenangan pemerintah pusat mulai tahun 2013 telah dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul, juga disampaikan tentang kemudahan masyarakat Bantul dalam membayar PBB P2 dengan tepat waktu demi kelancaran pembangunan di Kabupaten Bantul yaitu dulu Pemerintah Kabupaten Bantul baru membuat MoU dengan satu bank, kini sudah dengan tiga bank. Juga dijelaskan tantang target pendapatan daerah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perdesaan dan Perkotaan tahun 2015 sebesar 22,8 miliar dari jumlah ketetapan PBB-P2 di Bantul sebesar 37,9 miliar dan Bupati Bantul berharap pengelolaan PBB-P2 tahun ini lebih baik sehingga target pendapatan PBB P2 tercapai.  

Dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Bantul Drs. Didik Warsito, MSi. mengatakan bahwa jumlah SPPT yang diserahkan sebanyak 603.983 SPPT PBB P2 dengan nilai ketetapan sebesar Rp. 37.9 miliar. Beliau berharap hingga akhir bulan Maret semua SPPT PBB P2 sudah sampai ke Wajib Pajak dan wajib pajak segera melaksanakan kewajibannya dengan membayar PBB P2 pada bank yang sudah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bantul yakni BNI, BRI Syariah dan Bank BPD DIY Cabang Bantul.