Berita

Sosialisasi e- Filling

Senin Kliwon, 2 Maret 2015 14:36 WIB 996

foto

Selasa,17 Februari 2015, bertempat di Gedung Induk Komplek Parasamya Kabupaten Bantul telah dilaksanakan acara sosialisasi e - filling oleh KPP Pratama Bantul. Acara dibuka oleh Kepala Bidang Perbendaharaan, DPPKAD Kabupaten Bantul, Dian Mutiara S.R,S.H,M.M. Undangan yang hadir pada kesempatan tersebut adalah bendahara gaji dari seluruh dinas/instansi di Kabupaten Bantul.

Disampaikan oleh M. Yunus, dari KPP Pratama bahwasanya SPT Tahunan harus dilaporkan paling lambat 31 Maret 2015. Dan pelaporan SPT Tahunan ini kewajiban personal bukan kewajiban bendahara gaji.

Disampaikan juga bahwasannya SPT Tahunan saat ini sudah bisa dilaporkan secara online melalui aplikasi e-filling yang bisa diakses di www.pajak.go.id. Dengan melaporkan SPT Tahunan melalui e –filling akan menghindari antrian yang panjang saat pelaporan.

Untuk dapat melakukan e-Filing, melalui tiga tahapan utama. Dua tahapan yang pertama hanya dilakukan sekali saja. Sedangkan tahapan ketiga dilakukan setiap menyampaikan SPT. Ketiga tahapan tersebut meliputi:

  1. Mengajukan permohonan e-FIN ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat yang merupakan nomor identitas WP bagi pengguna e-Filing. Karena hanya sekali digunakan, Anda hanya perlu sekali saja mengajukan permohonan mendapatkan e-FIN tersebut.
  1. Mendaftarkan diri sebagai WP e-Filing di situs DJP paling lama 30 hari kalender sejak diterbitkannya e-FIN.
  2. Menyampaikan SPT Tahunan PPh WP Orang Pribadi secara e-Filing melalui situs DJP melalui empat langkah prosedural saja, yaitu: (1) mengisi e-SPT pada aplikasi e-Filing di situs DJP; (2) meminta kode verifikasi untuk pengiriman e-SPT, yang akan dikirimkan melalui email atau SMS; (3) mengirim SPT secara online dengan mengisikan kode verifikasi; dan (4) notifikasi status e-SPT dan Bukti Penerimaan Elektronik akan diberikan kepada WP melalui email.